Monday, 20 December 2010

Pembuatan Media Presentasi

Pada  dasarnya hampir semua jenis media  dibuat untuk disajikan atau dipresentasikan kepada sasaran. Bedanya, media presentasi dengan media pada umumnya adalah bahwa pada media presentasi pesan/materi yang akan disampaikan dikemas dalam sebuah program komputer dan disajikan melalui perangkat alat saji (proyektor). Pesan/ materi yang dikemas bisa berupa teks, gambar, animasi dan video yang dikombinasi dalam satu kesatuan yang utuh.

Media presentasi yang menggunakan program komputer ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari media transparansi yang disajikan melalui OHP. Berbeda dengan transparansi OHP tidak bisa menampilkan unsur audio visual, maka media presentasi dengan  program komputer ini,  kita  bisa  menampilkan unsur  audio-visual dalam pembelajaran.

Keefektifan media presentasi dalam menyajikan pesan, merupakan penyebab mengapa media presentasi kemudian banyak diaplikasikan untuk keperluan pendidikan dan pembelajaran. Tentu saja ini bukan berarti bahwa media presentasi merupakan media yang paling cocok untuk semua materi dan topik pembelajaran.

Kelebihan media presentasi:
  1. Dapat  menyajikan  teks,  gambar,  foto,  animasi,  audio  dan  video  sehingga  lebih menarik
  2. Dapat menjangkau kelompok banyak
  3. Tempo dan cara penyajian bisa disesuaikan
  4. Penyajiannya masih bisa bertatap muka
  5. Dapat digunakan secara berulang-ulang
Sedangkan kelemahan media prensetasi :
  1. Ketergantungan arus listrik sangat tinggi
  2. Media pendukungnya harganya relatif mahal karena harus ada Komputer dan LCD
  3. Penggunaan media ini sangat tergantung pada penyaji materi.
  4. Masih sangat terbatas guru yang mampu membuat media presentasi
Banyak jenis perangkat lunak (software) yang dapat digunakan untuk membuat media presentasi. Jenis software aplikasi yang sifatnya open source (gratis) misalnya: Program Impress yang ada pada OpenOffice. Selain itu, banyak pula jenis software aplikasi yang harus membeli (tidak gratis), misalnya: Program Visual Basic, Macromedia  Flash,  Director,  Authorware,  Dream  Weaver, dan  masih  banyak  lagi.

Diantara sekian banyak jenis software tersebut, salah satunya yang biasa digunakan di kalangan pendidik (khususnya guru) adalah Microsoft Powerpoint yang dikeluarkan oleh perusahan software Microsoft.

Prinsip-prinsi pengembangan media presentasi:
  • Dikembangkan sesuai dengan prosedur pengembangan instruksional, karena pada  dasarnya  media  presentasi  yang  kita  gunakan  adalah  untuk keperluan  pembelajaran. Jika  kita  tidak  menerapkan  prinsip  ini,  maka  bahan presentasi yang  kita  hasilkan akan  menjadi  tidak  efetif  untuk  mencapai tujuan pembelajaran.
  • Media  presentasi berfungsi sebagai  alat  bantu  mengajar, bukan merupakan media pembelajaran yang akan dipelajari secara mandiri oleh sasaran. Media presentasi kurang cocok digunakan sebagai bahan belajar yang bersifat pengayaan. Ini berbeda dengan program multimedia interaktif. Oleh karena itu pesan-pesan yang disajikan dalam media presentasi sebaiknya dibuat secara garis besar dan tidak detail, sebab penjelasan secara detail akan disajikan oleh penyajinya atau guru.
  • Memiliki kemampuan  untuk menampilkan teks, gambar, animasi, dan unsur audio-visual.
  • Materi yang  disajikan harus benar substansinya dan disajikan secara menarik pula.

Pendidik, Penulis dan Aktivis Sosial


EmoticonEmoticon